Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


SIMALUNGUN, IK - Dandim 0207/Simalungun Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I. Pem.,M.Han didampingi Bupati Simalungun yang diwakili Sekdakab Esron Sinaga, Kapolres Simalungun diwakili Wakapolres Kompol Efianto, Unsur Forkopimda Simalungun, Unsur Muspika Panei Tonga dan Sidamanik serta para perwira jajaran Kodim 0207/Sml menyambut kunjungan Tim Wasev Pusterad, Mayjen TNI Herianto Syahputra.S.I.P .M.S.I selaku Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD 117 dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardien serta Ketua Tim Wasev didampingi Letkol Inf Lucky Sonny Maramis. A.M.D selaku Kabag Bakti TNI Subditbin Komsos dan Bakti TNI Sdirter Pusterad.


Kedatangan Wadan Pusterad bersama Pangdam I/BB dan rombongan Rabu (27/07/2023) siang di Pos Kotis TMMD (TNI Manunggal Membangun Desa) Ke-117 Kodim 0207/Sml disambut dengan antusias ratusan masyarakat dan para pelajar mulai SD, SMP dan SMU serta anak Pramuka dan sejumlah unsur Komponen Masyarakat.


Kedua jenderal bintang dua Wadanpusterad Mayjen TNI Herianto Syahputra.S.I.P .M.S.I selaku Ketua Tim Pengawas dan Evaluasi (Wasev) TMMD 117 dan Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardien disambut dengan tarian adat Simalungun yang dibawakan oleh pelajar dan diupah-upah oleh tokoh masyarakat.


Selanjutnya rombongan Wadan Pusterad menuju Pos Kotis untuk menerima paparan dari Dansatgas Letkol Inf Hadrianus Yossy, S.B, S.I. Pem.,M.Han.


Dalam paparan-Nya Dansatgas yang juga Dandim 0207/Sml menyampaikan hasil kerja personel Satgas TMMD 117 Kodim 0207/Sml diwilayah Dusun Bahtangan, Nagari Mekar Sari Raya, Kec. Panei dan Nagari Manik Maraja, Sidamanik, Simalungun.


Dansatgas menyampaikan seluruh pekerjaan fisik dan non fisik yang dilaksanakan di dua nagari berjalan lancar atas dukungan dari warga masyarakat yang telah menyerahkan sebagian tanahnya kepada TNI AD (Kodim) untuk dibuat jalan baru.


Selain itu, untuk kegiatan fisik berupa pembukaan jalan baru sepanjang 5200 meter dengan lebar 8 M telah mencapai 95,03%. Jalan tersebut yang menghubungkan dua kecamatan Panei dan Sidamanik.


Untuk pekerjaan pemasangan Telfort sepanjang 800 M telah mencapai 95%, pembuatan gorong-gorong 11 unit capai 85,6%, pembuatan galian saluran air telah mencapai 81,37%, dan pembentukan badan jalan sepanjang 5.200 M capai 82,34%. 


"Seluruh kegiatan fisik ditotal seluruhnya mencapai 92,43% persentasenya, semua ini hasil kerjasama personel Satgas dibantu warga masyarakat dan alat berat," jelas Dansatgas.


Untuk sasaran Non Fisik 

Penyuluhan Bela Negara (100%), Penyuluhan Wawasan Kebangsaan (100%), Penyuluhan/Sosialisasi Pelayanan Kesehatan (100%), Penyuluhan/Sosialisasi Hukum dan Kamtibmas (100%), Penyuluhan /Sosialisasi Narkoba (100%), Penyuluhan/Sosialisasi KB Kesehatan (100%), Penyuluhan /Sosialisasi Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (100%) dan Penyuluhan/Sosialisasi stunting (100%).


"Ada beberapa non fisik belum dilaksanakan, dan dalam pekerjaan fisik dan non fisik kita mengerahkan dari TNI (Tiga Matra) 100 orang, personel Polri 10 orang, Pemda 2 orang dan warga masyarakat 25 orang,ditambah  1 unit excavator, 2 unit Bulldozer, 1 unit Greder dan 1 unit Vibro", terang Dansatgas.


Disini mayoritas penduduknya bercocok tanam Palawija dan berdagang hasil pertanian dengan 60 % umat Muslim dan 40 % Nasrani.


Sebelumnya saat Pra TMMD kita juga ada membantu pembangunan Madrasah yang terbakar. Selain itu kata Dansatgas untuk dukungan dari warga masyarakat disini benar-benar luar biasa sekali.Tanpa disuruh mereka sudah mau membantu Satgas bekerja.


"Para personel menginap dirumah warga asuh yang ada di Dusun Bahtangan dan ada yang di Poskotis TMMD 117," terangnya.


Usai memberikan paparan TMMD dihadapan Wadan Pusterad dan Pangdam I/BB serta Unsur Forkopimda selanjutnya pemberian bantuan kepada perwakilan warga masyarakat yang menerima hewan ternak bebek, alat peraga olahraga bola voly dan lainnya.


Selanjutnya Tim Wasev dan rombongan berkesempatan meninjau langsung Sosialisasi KB Kesehatan (100%), Penyuluhan /Sosialisasi Posyandu dan Posbindu Penyakit Tidak Menular (100%) dan Penyuluhan/Sosialisasi stunting (100%) dilokasi Pos Kotis TMMD.


Usai melihat beberapa penyuluhan dan menyapa warga masyarakat kedua jenderal bintang dua meninjau sasaran fisik pembukaan jalan baru dengan menggunakan sepeda motor trail dinas milik Babinsa jajaran Kodim 0207/Sml.


Melintasi jalan bebatuan dan penuh debu kedua Pati TNI AD abituren 90 itu menyapa para mahasiswa/i KKN dan warga masyarakat. Selain itu berkomunikasi langsung dengan para warga masyarakat yang membantu personel Satgas mengerjakan jalan baru.


Tak hanya itu, rombongan Wadan Pusterad dan Pangdam I/BB juga dibekali oleh-oleh buah Pisang, Durian dan sayuran sama warga.


Disela peninjauan, Wadan Pusterad mengatakan, bahwa dirinya bangga dan sangat apresiasi dengan dukungan penuh dari masyarakat atas kegiatan TMMD di wilayah Nagari Mekar Sari Raya. Dirinya bangga karena masyarakat mau menyerahkan sebagian lahannya kepada TNI AD untuk pembukaan jalan menghubungkan dua Kecamatan.


"Saya selaku Tim Wasev sangat apresiasi atas dukungan masyarakat, yang telah menyerahkan sebagian lahannya secara sukarela untuk pembukaan jalan,dan saya sangat juga mengucapkan terimakasih kepada Unsur Forkopimda, Forkopimca dan bapak Pangdam I/BB telah banyak mendukung kegiatan TMMD 117 di Mekar Sari Raya sehingga berjalan lancar dan hasilnya sudah baik,sebentar lagi akan tuntas," ucap Mayjen TNI Herianto Syahputra.S.I.P .M.S.I.


Masih kata Wadan Pusterad bahwa kegiatan ini diharapkan tuntas tepat waktu sehingga hasilnya bisa dimanfaatkan oleh masyarakat.


Selain fisik, Satgas juga melaksanakan pekerjaan non fisik dengan beberapa penyuluhan. Dan tadi juga telah kita serahkan beberapa bantuan buat masyarakat.


"Saya sangat berterimakasih kepada Pemda, TNI Polri dan warga yang telah mendukung kegiatan TMMD disini berjalan baik dan lancar. "Luar biasa masyarakat disini," sebut Mayjen Herianto.


Mayjen TNI Herianto juga menjelaskan bahwa TMMD yang paling utama tujuannya Kemanunggalan TNI dan Rakyat. TNI dan Rakyat tidak bisa dipisahkan. Kesulitan masyarakat termasuk kesulitan TNI dan harus dibantu TNI.


"Wujud nyatanya, TNI bisa Manunggal harus bisa mengatasi kesulitan Rakyat, membantu Rakyat," ujarnya.


Sementara itu, Pangdam I/BB mengatakan, bahwa TMMD merupakan program TNI AD, metode pembinaan bakti TNI.TNI membuka jalan yang selama ini tidak mungkin diserahkan ke rekanan atau swasta. Setelah jalan terbuka bisa dilanjutkan oleh Pemda.


"TNI hadir disini hanya sebagai alasan pembenar,tapi ada sasaran non fisik yang kita lakukan melibatkan instansi terkait. Out Camp akhirnya Kemanunggalan TNI Rakyat, Kembali kita menghidupkan  "Marhaluan Bolon atau Gotongroyong", sehingga menjadi filisopi dasar warisan para leluhur. Kedepan diharapkan jalan ini dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, dan saya harap rawatlah jalan ini nanti, dan jalan ini tahun depan diwacanakan untuk ditingkatkan," pesan Pangdam I/BB.


Hal senada juga disampaikan Sekdakab Simalungun Esron Sinaga mengucapkan, terimakasih atas kunjungan Bapak Mayjen TNI Herianto dan Bapak Pangdam I/BB Mayjen TNI Achmad Daniel Chardien yang telah meluangkan waktunya untuk kegiatan Wasev TMMD 117 diwilayah Nagari Mekar Sari Raya.


"Saya mewakili Bupati sangat berterimakasih kepada TNI dalam hal ini Kodim 0207/Sml yang telah membantu dan mendukung Pemkab Simalungun dalam pembangunan infrastruktur, semoga saja kedepannya sinergitas dan soliditas di wilayah Simalungun semakin kokoh dan erat," sebutnya.


Terpisah, Simanjuntak (57) warga setempat menyampaikan ucapan terimakasih kepada Satgas TMMD 117 yang telah membangun jalan dan lainnya di kampung terisolir tersebut. Kami selama ini sangat mendambakan jalan untuk peningkatan transfortasi dan ekonomi kami.


"Jalan siap kami gampang menjual hasil pertanian ke kampung lain dan jalan penghubung Kecamatan tersebut juga bisa mempererat talisilaturahmi kami dengan warga lainnya, "Terimakasih bapak -bapak Tentara, kami selalu mendukung dan mendoakan kalian semua, sampai kapan pun kami warga disini tidak akan melupakan kebaikan bapak-bapak yang telah membangun wilayah kami," ungkap pria yang akrab dipanggil Juntak.


Amatan awak media, usai meninjau sasaran fisik pembukaan jalan, rombongan Wadan Pusterad dan Pangdam I/BB melanjutkan perjalanan menyusuri jalan berdebu dan terjal.


Tampak mendampingi Pangdam I/BB Danrem 022/PT, Aster Kasdam, Wakapendam, dan sejumlah Perwira Korem 022/PT.


Sebagaimana diketahui bahwa jumlah penduduk Nagori Mekar Sari Raya 2170 jiwa,dan pekerjaan mayoritas penduduknya bertani palawija.


Diwilayah tersebut juga ada UMKM membuat Rengginang sebagai salah satu khas makanan Nagori Mekar Sari Raya dan Kacang Goreng produk andalan masyarakatnya. (Kodim 0207/Simalungun)

Leave A Reply