Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page


INTAIKASUS.COM, (Tigalingga) - Anggota Babinsa Koramil 04/Tigalingga Kodim 0206/Dairi Sertu Jonni P Berutu, bersama dengan masyarakat Lau Sireme dan perwakilan Poktan Ingin Maju dari Desa Kendit Liang Kec. Gunung Sitember memberikan penyuluhan serta bimbingan cara bertani pepaya California, dimulai dari cara memilih bibit yang baik, cara menyemaikan bibit hingga, lalu memindahkan kedalam polibek serta cara menanam, merawat hingga penen, Rabu (05/05/2021).

Sertu Jonni P. Berutu menjelaskan tahap demi tahap kepada masyarakat perwakilan poktan Ingin Maju tersebut, yang mana mereka sangat tertarik untuk bertani pepaya California, karna disamping hasilnya menjanjikan cara perawatan dan modal untuk bertani pepaya tidaklah terlalu berat.

Pak Bancin salah seorang perwakilan dari anggota Poktan Ingin Maju Desa Kendit Liang mengatakan bahwa "setelah mendengar Babinsa Kormil 04/TL yaitu Sertu JP Berutu mempunyai kepun pepaya, saya tertarik ingin melihat kebun beliau serta belajar kepada beliau", sebutnya.

Lalu bersama anggota poktan yang lain, sambungnya, mereka mendatangi pak Babinsa dan meminta ijin utk melihat lahan pepaya serta meminta bimbingan dan penyuluhan bagaimna cara bertani pepaya yang sebenarnya.

Sertu Jonni P. Berutu dengan senang hati menjelaskan cara bertani pepaya sekaligus mengajak masyarakat sekitar,  agar secara bersama sama membudi dayakan pepaya California. 

Joni Berutu juga mengatakan,  untuk menambah pendapatan ekonomi disamping tanaman pokok (tanaman Jagung) yang selama ini masyarakat tanam, maka alangkah baiknya juga jika ditanam pepaya diantara pohon jagung tersebut atau dengan kata lain tumpang sari, sehingga bisa memberi penghasilan ganda kepada masyarakat.

Dalam sosialisasi yang disampaikan Sertu Jonni P Berutu, disamping melaksanakan tugas pokok sebagai Babinsa dengan mengedepankan 8 wajib TNI, masyrakat sangat antusias dan menyambut hangat sehingga masyrakat (Poktan) secara bersama2 ingin menanam dan berniat menanam pepaya diatas lahan mereka, masing - masing orang ada yang menanam 1000 pohon, ada yang 2000 pohon dengan luas lahan 1 Ha sampai dengan 2 Ha.

Masyrakat juga sangat berterima kasih kepada Babinsa Koramil 04/TL Sertu Jonni P. Berutu, serta kepada TNI yang selalu ada dan hadir bersama sama dengan Rakyat dalam situasi dan kondisi apapun. Bahwa TNI selalu mengedepankan serta memikirkan nasib rakyat kecil khususnya para petani," sebut pak Bancin dipenghujung sosialisasi tersebut. (Pen023/KS)
Leave A Reply