Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM, (Dolok Sanggul) - Koramil 05/Dolok Sanggul jajaran Kodim 0210/TU melakukan penaburan 1000 Benih Ikan Lele di kolam berukuran 2 x 10 meter milik masyarakat yang di kelelola oleh Koramil 05/Dolok Sanggul, di Kecamatan Dolok Sanggul Kab. Humbahas, Jumat (02/10/2020).

Ikan Lele sebagai salah satu sumber protein yang mudah didapat. Namun pasokan akan ikan lele itu sendiri tergolong masih minim. sementara untuk pembudidaya lele, kapasitas besarpun masih dirasa kewalahan untuk mensuplai konsumen yang ada di masyarakat sekelilingnya apalagi untuk masyarakat luas. Maka dari itu Koramil 05/Dolok Sanggul berinisiatif untuk melakukan budidaya Ikan Lele.

Komandan Koramil 05/Dolok Sanggul Kapten Inf Brigif Munthe menyatakan, jika masih terdapat lahan yang kosong dan tidak produktif, tidak ada salahnya kalau digunakan untuk budidaya Ikan Lele.

"Dengan memanfaatkan lahan kosong dan tidak produktif milik masyarakat, maka dengan ini kami Koramil memanfaatkannya untuk budidaya ikan lele dengan menabur bebih sebanyak 1000 ekor sehingga dapat mendukung program ketahanan pangan yang akan menjadi contoh kepada masyarakat untuk budidaya ikan lele," ucap Kapten Inf Br. Munthe.

Menurutnya, Ikan Lele mudah untuk dibudidaya tidak harus dengan aliran air yang deras atau mengalir (sirkulasi), cukup 3 x penggantian air bahkan tidak digantipun lele bisa bertahan, meskipun airnya cukup keruh dan minim oksigen sekalipun.

"Untuk pakan cukup mudah didapat, bisa buatan sendiri atau pelet pabrikan yang sudah banyak dijual di toko-toko Perikanan/Unggas, harganya pun murah, selain itu Lele biasanya dapat dipanen setelah umur 2 hingga 3 bulan dari pembibitan sebesar 5 centimeter," terangnya.

Dalam kesempatan itu, Kapten Inf Br Munthe juga mengajak agar anggota yang mempunyai lahan di sekitar rumah untuk turut serta dalam pemeliharaan dan pembesaran bibit ikan lele.

"Budidaya ikan lele ini selain bisa menjaga ketahanan pangan di wilayah Cilacap tetap terjaga dengan baik jugga bisa meningkatkan kesejahteraan anggota dan keluarganya serta masyarakat", imbuhnya. (Pendim0210)
Leave A Reply