Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM, (Simalungun) - Personel Koramil 11/Parapat Kodim 0207/Simalungun ikut serta membantu penanganan bencana alam tanah longsor yang terjadi di Jalan Lintas Sumatera (Jalinsum), tepatnya di Jembatan Kembar atau Jembatan Sidua-dua, Girsang Sipangan Bolon, Simalungun, Sumut, Selasa (18/12) sore. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun sejumlah kendaraan tertimbun dan jalur Siantar-Parapat terputus.

Jalan tertimbun sekitar 1 Km sebelum Parapat dari arah Medan. Satu unit truk tronton, mobil Toyota Rush, dan pick up tertimbun material longsor. Namun, pengemudi atau penumpangnya dikabarkan selamat.

Danramil 11/Parapat menjelaskan, longsor awalnya terjadi dari Bukit Hulu sungai sekitar pukul 11.30 Wib. Longsoran berupa lumpur menimbun jembatan sebelah kiri. Satu unit truk ekspedisi tertimbun sebagian dan rusak parah di atas jembatan. "Tidak ada korban jiwa," sebutnya.

Sempat dilakukan upaya pembersihan material longsor di atas jembatan hingga pukul 16.45 Wib. Namun terjadi longsor susulan yang lebih dahsyat dan menyebabkan putusnya akses kedua jembatan.
"Satu unit Toyota Rush rusak parah di atas jembatan. Tidak ada korban jiwa," jelas Danramil.

Pada kesempatan tersebut,  Kepala BPBD Sumut Riadil Akhir Lubis mengungkapkan, akibat putusnya jalur ini kemacetan tak dapat dihindarkan. Antrean kendaraan dari arah Pematang Siantar tampak mengular cukup panjang. Kondisi serupa dari arah sebaliknya.

"Upaya evakuasi kendaraan yang tertimbun dan pembersihan material longsor masih dilakukan. Satu unit alat berat sudah dikerahkan ke lokasi. Rencananya 2 unit alat berat lain sedang dikerahkan ke sana. Saat ini proses evakuasi sedang berlangsung, untuk sementara jalan tidak dapat dilalui," kata, Riadil Akhir Lubis.

Pihak Lantas Polres Simalungun menghimbau kepada setiap pengemudi kendaraan agar mengalihkan perjalanannya atau mencari tempat penginapan di lokasi terdekat sampai menunggu besok pagi dilakukan pembersihan jalan. (Rn/Penrem 022/PT)

Leave A Reply