Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM, (Simalungun) - Komandan Koramil 05/Serbelawan jajaran Kodim 0207/Simalungun yang diwakilkan oleh Babinsanya Serda Wawan Santoso menghadiri acara pelatihan life skill Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Ekonomi Koperasi (LPPKOP), BKPMRI Sumut dan Simalungun. Pelatihan yang mengambil tema "Bisnis Online yang Keren/Menanam Hidroponik yang unik/Limbah PVC, Pipa yang Berguna" itu berlangsung di Kelurahan Serbalawan, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kabupaten Simalungun, Senin (17/12/2018).

Direktur Wilayah (Dirwil) LPPKOP Sumut, Mubaeli mengatakan, salah satu teknik dari hidroponik adalah NFT atau Nutrient Film Technique. Yaitu sebuah teknik penanaman dengan menggunakan aliran nutrisi tipis.

Berikut langkah-langkah membuat instalasi sistem NFT menggunakan pipa paralon. Lubangi pipa ukuran 3 inchi dengan solder. Tandai terlebih dahulu menggunakan spidol agar lebih mudah. Jarak antar lubang 20 - 25 cm.

Sedangkan diameter lubang sesuaikan dengan netpot yang akan dipakai. Potong pipa ukuran 0,5" menggunakan gergaji. Ukuran 25 cm, sebanyak 2 buah. Ukuran 10 cm, sebanyak 2 buah. Buat penyangga instalasi yang terbuat dari pipa ukuran 0,5". Sesuaikan tinggi penyangga dengan tinggi tandon atau bak penampung nutrisi.

Selanjutnya rangkai pipa ukuran 3" dengan formasi sejajar sebanyak 4 buah. Salah satu ujung ditopang dengan penyangga dan ujung lainnya ditopang dengan tandon nutrisi.
Hubungkan pipa ukuran 0,5" satu sama lain. Untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah, Tutup pipa ukuran 3" menggunakan penutup atau Cap. Berikan lem pipa agar lebih kuat. 

Hubungkan ujung pipa 0,5" dengan pompa air yang diletakkan di dalam tandon. Setelah instalasi selesai, buatkan greenhouse sederhana dari paranet, usahakan keadaan pipa sejajar. Agar aliran air nutrisi lancar. Sehingga tanaman dapat memiliki suplai nutrisi yang seimbang.

Serda Wawan Santoso mengungkapkan, pelatihan ini merupakan ilmu yang bermanfaat untuk dibagikan kepada masyarakat desa binaan.

Hadir dalam kegiatan tersebut, Dirwil LPPEKOP Sumut bpk M Mubaeli, Ketua UmumDPW BKPMRI Sumut yg di wakili bpk Amcay Nasution, Ketua DPD BKPMRI Kab. Simalungun Bpk. Suparlik S,Pd, PLT Camat Dolok Batu Nanggar bpk Susilo SH, Danramil 05/Sbl di wakili Babinsa Serda Wawan Santoso, Perwakilan Remaja Mesjid  Se Kec. Dolok Batu Nanggar. (Red/Penrem 022/PT)
Leave A Reply