Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM, (Karo) -  Komandan Kodim (Dandim) 0205/TK Letkol Inf Taufik Rizal, SE memerintahkan Personel Kodim 0205/TK Peltu Polman Lubis, serda Cipta dan Serda Maryanto untuk memberikan materi Wasbang (Wawasan kebangsaan) dan melatih PBB kepada personel Satpol PP dan personel Damkar Pemkab  Karo di lapangan   Makodim 0205/TK Jln.  Jamin Ginting DS Raya Berastagi Kab. Tanah Karo,  Sumatera Utara (15/12/2018).

Peltu Polman Lubis  mengatakan bahwa  Wawasan Kebangsaan lahir ketika bangsa Indonesia berjuang membebaskan diri dari segala bentuk penjajahan, Perjuangan bangsa Indonesia yang waktu itu masih bersifat lokal ternyata tidak membawa hasil, karena belum adanya persatuan dan kesatuan, sedangkan di sisi lain kaum colonial terus menggunakan politik "devide et impera". Kendati demikian, perlawanan para pahlawan telah membuktikan kepada kita tentang semangat perjuangan bangsa Indonesia yang tidak pernah padam dalam usaha mengusir penjajah dari Nusantara," kata Peltu Polman Lubis dihadapan personel Satpol PP dan Damkar Pemkab Karo.

Lebih Lanjut Peltu Polman Lubis mengatakan, Wawasan kebangsaan menentukan cara bangsa mendayagunakan kondisi geografis negara, sejarah, sosiol budaya, ekonomi dan politik serta pertahanan keamanan dalam mencapai cita-cita dan menjamin kepentingan nasional.

"Wawasan Kebangsaan menentukan bangsa menempatkan diri dalam tata berhubungan dengan sesama bangsa dan dalam pergaulan dengan bangsa lain di dunia internasional. Wawasan kebangsaan mengandung komitmen dan semangat persatuan untuk menjamin keberadaan dan peningkatan kualitas kehidupan bangsa dan menghendaki pengetahuan yang memadai tentang tantangan masa kini dan masa mendatang serta berbagai potensi bangsa,"  kata Polman Lubis yang berpangkat PELTU (Pembantu Letnan Satu).

Kemudian Peltu Polman Lubis yang dibantu oleh  Serda Cipta dan Serda Maryanto mengajarkan  PBB tentang tata cara baris berbaris yang benar, mulai hadap kanan, hadap kiri, dan jalan di tempat serta penanaman nilai kejuangan.

"Kegiatan latihan yang dilaksanakan ini bertujuan untuk membentuk kedislipinan, jiwa korsa, serta onalitas yang tinggi terhadap pelaksanaan tugas yang menjadi tanggung jawab Satpol PP,"  kata Peltu Polman Lubis. 

Disamping itu, pelatihan ini juga merupakan bagian dari upaya meningkatkan kemampuan dan kesiapan para pamong praja dalam menjaga ketertiban dan ketentraman masyarakat. "Menegakkan peraturan daerah dan aturan kepala daerah yang seringkali dihadapkan dengan tantangan tugas yang berat serta sulit untuk diselesaikan," katanya.

Dandim 0205/TK Letkol inf Taufik Rizal, SE mengharapkan agar segala pembekalan yang telah diperoleh selama mengikuti kegiatan di Makodim dapat diimplementasikan dalam rangka meningkatkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara dan nantinya bisa menjadi pelopor dalam pemahaman Wawasan Kebangsaan.
(Penrem 023)

Leave A Reply