Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM, (Sibolga) - Danrem 023/KS Kol Inf Mohammad Fadjar   memimpin Upacara Pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya di Lapangan Simare mare Kota Sibolga, Sabtu (15/12/2018),  Pemberangkatan dilaksanakan melalui upacara.

Peleton Beranting Yuddha Wastu Pramuka Jaya terdiri atas dua pucuk senjata LE dengan sangkur terhunus,  empat buah Tabung berisikan Sumpah, Amanat, ikrar korp infanteri, dan perintah kilat Panglima besar bapak Jenderal Soedirman (ALM), satu bendera lambang Korp Infanteri, satu bendera lambang Kodam I/BB, satu tas berisikan Adminstrasi, Kelompok simbol satu regu, ton inti, kawal depan, kawal belakang.

Danrem 023/KS Kol Inf Mohammad Fadjar MPICT dalam sambutannya   mengatakan, Peleton beranting Yudha Wastu Pramuka merupakan salah satu tradisi Korps Infanteri yang bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan nilai-nilai kejuangan, patriotisme dan kemanunggalan TNI dengan rakyat, serta meningkatkan semangat kebanggaan Korps Infanteri, jiwa korsa dan soliditas dikalangan prajurit Infanteri TNI AD.

Selain itu, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mobilitas pasukan pejalan kaki dan kemampuan fisik perorangan dalam rangka peningkatan kualitas kesegaran jasmani prajurit Infanteri.

Pelaksanaan Tradisi Korps seperti ini harus selalu kita lestarikan, karena tradisi akan menjadi sumber kekuatan dan semangat, untuk memantapkan sikap kejuangan serta, meningkatkan kemampuan Olah Yudha prajurit, guna melanjutkan tugas pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara. 

Sebagai Korps Kesenjataan terbesar di TNI AD, prajurit infanteri dalam mengemban tugas, harus selalu berjiwa besar, menyatu dengan korps kecabangan lainnya, serta selalu siap dalam penugasan, kapan dan di manapun bertugas.

Prajurit Infanteri dituntut untuk mempunyai fisik yang prima, tidak mudah menyerah, memiliki tekad yang kokoh, kuat dan berdisiplin serta memiliki profesionalisme keprajuritan yang tinggi.

faktor lain yang tidak boleh dilupakan setiap prajurit infanteri adalah, kemanunggalan TNI  dengan rakyat. 

Dalam kemanunggalan tersebut, rakyat akan selalu merasa bersama, senasib dan seperjuangan dengan TNI,  dalam rangka mempertahankan NKRI. Selain itu, kemanunggalan TNI dengan rakyat, juga merupakan perwujudan jati diri TNI yang lahir dan berjuang bersama rakyat, dalam membela kepentingan bangsa dan negara. Hal ini sejalan dengan tema yang diangkat yaitu "TONTING YUDDHA WASTU PRAMUKA MEWUJUDKAN SEMANGAT JUANG DAN SOLIDARITAS PRAJURIT BERSAMA RAKYAT".

Sebelum mengakhiri amanat ini, kegiatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramuka diikuti 10 Peleton Inti dan 10 Peleton Pengantar, diantaranya yaitu, untuk Peleton Inti terdiri dari : YONIF R 100/PS, YONIF 122/TS, YONIF 123/RW, YONIF 125/SMB, YONIF 126/KC, YONIF 131/BRS, YONIF 132/BS, YONIF 133/YS DAN YONIF RK 136/TS.

Untuk Peleton Pengantar TNI yaitu : YON ARHANUDSE 11/WBY, YON ARHANUDSE 13/PBY, YON ARMED 2/105, YONKAV 6 SERBU/NK, YON ZIPUR I /DD, DEN ZIPUR 2/PS, DENRUDAL 004 DAN KIKAVSER 06/RBT.

Untuk Pleton Pengantar non TNI terdiri dari POLRI, MENWA, LINMAS, PRAMUKA.

Tiap peserta akan menempuh 20 s/d 23 Km setiap etape yang terdiri dari 10 etape. Etape awal dari Kota Sibolga menuju Balige Kab. Tobasa dengan jarak total 213 Km melewati Kecamatan Barus (Kab. Tapteng), Pakkat, Dolok Sanggul, Paranginan (Kab. Humbahas) dan Finish dilapangan  Sisingamangaraja Kota Balige (Tobasa)," kata Danrem mengakhiri amanatnya.

Hadir dalam upacara tersebut, Kasrem 023/KS Letkol Inf I Gusti Ketut Artasuyasa Yang mewakili Walikota Sibolga dan yang mewakil Bupati Kabupaten Tapanuli Tengah, Kapolres Sibolga diwakili Waka, Kapolres Tapteng diwakili Waka, Para Dandim dan Danyon 123/RW jajaran Korem 023/KS, Danlanal Sibolga, Dansat Radar 234, Para Kasi Korem 023/KS dan para Veteran dan Warakauri serta undangan lainnya.

Setelah selesai upacara pemberangkatan Peleton Beranting Yudha Wastu Pramukha Jaya, Danrem 023/KS yang didampingi para Dandim memberikan sembako kepada para Veteran dan Warakauri. (Penrem 023)
Leave A Reply