Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Medan), Satu tahun lima bulan 22 hari Kolonel Inf Bambang Herqutanto telah menjalani tugas negara sebagai Komandan Kodim (Dandim) 0201/Berdiri Sendiri, Kodam I/Bukit Barisan.

Selama itu pula, pria kelahiran Timor Tengah Selatan pada 19 September 1973 ini telah menunaikan darma bhakti kepada ibu pertiwi dengan gemilang dan torehan tinta emas.

Dan, Senin pagi (25/6/2018) besok, Kolonel Inf Bambang Herqutanto harus menyerahkan komando kepemimpinan Kodim 0201/BS kepada Letnan Kolonel Inf Yuda Rismansyah.

Acara serah terima jabatan (sertijab) Komandan Kodim 0201/BS ini sendiri digelar di Lapangan Benteng Medan dengan dipimpin langsung oleh Panglima Kodam I/Bukit Barisan, Mayor Jenderal TNI Ibnu Triwidodo, SIP sebagai Inspektur Upacara (Irup).
Selama mengabdikan diri, tenaga dan pikiran di Kodim 0201/BS, telah cukup banyak torehan dan prestasi yang dicapai Kolonel Inf Bambang Herqutanto.

Diawali saat pertama kali menjabat pada 16 Desember 2016, abituren Akademi Militer tahun 1995 ini langsung melakukan gebrakan yang cukup fenomenal. Di antaranya, merenovasi Lapangan Benteng Medan menjadi ruang terbuka hijau yang berfungsi sebagai sarana olah raga bagi warga Kota Medan.

Kini, hasil renovasi itu bisa dilihat secara kasat mata. Selain menyediakan aneka fasilitas untuk umum, seperti alat fitness outdoor, jogging track, push up, sit up, pull up, dan shuttle run, juga dibangun ruang taman hijau untuk tempat bersantai dan rekreasi masyarakat umum, anggota Kodim 0201/BS dan keluarga.

Kolonel Inf Bambang Herqutanto berkeinginan, selain untuk sarana olahraga, hasil renovasi Lapangan Benteng itu juga bisa difungsikan sebagai tempat berkarya penduduk lokal. Semisal menjadi tempat alternatif bagi penjaja makanan dan minuman untuk menambah penghasilan.
Cukup sampai di situ?.  Tentu tidak. Ternyata perwira menengah kelahiran 19 September 1973 ini juga menginisiasi pembangunan di dalam satuan agar lebih nyaman dan asri. Di antaranya, merenovasi gedung aula, ruang komandan, ruang staf, serta pembangunan garasi sepeda motor dan kendaraan roda empat, termasuk pembangunan kolam ikan.

Tak ketinggalan, pehobi olah raga bela diri Yudo dan jogging ini juga mendorong dilakukannya renovasi seluruh Markas Komando Rayon Militer (Koramil) di jajaran Kodim 0201/BS, sehingga tampil lebih humanis.

Masih di sektor internal, Kolonel Inf Bambang Herqutanto juga tak berhenti melakukan pembenahan di segala bidang, semisal melakukan fakta integritas anti narkoba kepada seluruh personel jajarannya. Langkah ini diharapkan bisa mengurangi tingkat pelanggaran anggota Kodim 0201/BS dalam penyalahgunaan narkoba.

Di bidang lainnya, Kolonel Inf Bambang Herqutanto juga secara berkala melakukan pengecekan kelengkapan surat-surat kendaraan maupun alat pendukung kendaraan roda dua dan roda empat yang dimiliki personel, baik secara pribadi maupun dinas. Penerapan langkah ini dimaksudkan untuk mengantisipasi terjadinya pelanggaran dan meminimalisir angka kecelakaan lalu lintas di jalan raya yang dilakukan prajurit TNI.
 Di sektor eksternal, suami dari Cut Marina ini juga terus memobilisasi personel jajarannya untuk semakin mengukuhkan Kemanunggalan TNI dengan Rakyat, termasuk membumikan sinergitas dan soliditas antara TNI dengan Polri dan Pemko Medan.
Di antaranya melakukan kegiatan patroli bersama, ikut terlibat Operasi Liong Toba 2017, Operasi Ramadniya Toba 2017, Sispam Kota bersama Polres Pelabuhan Belawan, Pengamanan Operasi Simpatik Penegakan Aturan Angkutan Online Sesuai Permenhub No.108/2017 dan banyak lainnya.

Untuk pembangunan sumber daya manusia (SDM) generasi muda penerus bangsa, ayah dari M Farel H, Junior Fathan H, dan Alya Gadiza H ini langsung mendobrak ke sekolah-sekolah dengan melakukan sosialisasi wawasan kebangsaan, kecintaan bela negara, gerakan anti narkoba, dan pembinaan kader Pramuka Saka Wira Kartika.

Di bidang pemberdayaan organisasi mahasiswa dan kemasyarakatan, Kolonel Bambang juga dikenal cukup familiar dengan beragam elemen kebangsaan yang ada di provinsi multietnik ini. Ini tercermin dari kepedulian Bambang yang selalu menggandeng mahasiswa maupun organisasi kemasyarakatan dan kepemudaan untuk terlibat aktif dalam setiap kegiatan yang bersifat lintas sektoral.

Begitu juga dengan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-99 Tahun 2017 di Desa Sicanang, Kecamatan Medan Belawan, Kota Medan. Dalam program yang dikerjasamakan dengan Pemko Medan ini, perwira dengan tiga melati di pundak itu berhasil melakukan serangkaian pembangunan fisik dan nonfisik pada daerah sasaran yang cukup terpencil.

Di antaranya melakukan penimbunan jalan sepanjang 500 meter, pengerasan jalan kampung sepanjang 100 meter, pembuatan jembatan penghubung antar desa, rehab rumah ibadah, sekolah dasar, dan rumah penduduk, serta pembangunan fasilitas air bersih melalui pengadaan sumur bor.

Di bidang nonfisik, program TMMD ke-99 tahun 2017 Kodim 0201/BS itu juga sukses menghelat sosialisasi program Keluarga Berencana (KB), dan sejumlah penyuluhan, seperti bahaya narkoba, penegakan hukum, ketahanan pangan, serta bahaya terorisme dan radikalisme.

Dalam pelaksanaan kegiatan TMMD itu sendiri, perwira TNI AD yang memiliki spesifikasi bidang intelijen ini berhasil mengantarkan perwakilan wartawan media elektronik ANTV meraih juara 2 dalam lomba karya tulis TMMD tingkat nasional, sehingga hal ini mengharumkan kredibilitas jurnalis dari Kota Medan.

Karenanya, tak mengherankan jika Pemko Medan di bawah pimpinan Walikota HT Dzulmi Eldin menaruh respek yang besar kepada Kolonel Inf Bambang Herqutanto bersama Kodim 0201/BS serta jajaran. Dan sebagai bentuk apresiasi kepada Kodim 0201/BS, Pemko Medan pun menghibahkan sebanyak 151 unit sepeda motor Yamaha Jupiter Z guna dipakai melaksanakan patroli skala besar menjaga Kamtibmas di Kota Medan.

Di luar semua terobosan itu, Kolonel Bambang juga mendorong pelaksanaan karya bakti di seluruh wilayah jajarannya. Contohnya di Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang. Di sana, prajurit Kodim 0201/BS di bawah komandonya berhasil membantu masyarakat terpencil dengan merubah delapan rumah ibadah, pengerasan jalan kampung, dan pembuatan delapan sumur bor untuk keperluan air bersih.

Begitu juga dalam dinas kemiliteran. Selama ini, Kolonel Inf Bambang Herqutanto dikenal oleh prajurit TNI AD, khususnya Kodim 0201/BS sebagai sosok yang supel, dan pengayom namun tegas menegakan disiplin.
Sama halnya dalam pembinaan hubungan kemasyarakatan, Kolonel Inf Bambang Herqutanto juga diketahui sebagai figur yang Islami dan taat beribadah. Hal itu tercermin dengan dilaksanakannya kegiatan keagamaan yang melibatkan perwakilan anggota Kodim 0201/BS dan personel Polrestabes Medan di Rumah Tasawuf Buya KH Amiruddin MS di Jalan Suluh No.137, Kecamatan Medan Tembung, Kota Medan. Hasil dari kegiatan pembinaan rohani ini, sebanyak 19 personel Kodim 0201/BS akhirnya mendapat kesempatan untuk menunaikan ibadah umroh ke Tanah Suci Mekkah.

Begitulah sekilas sosok Kolonel Inf Bambang Herqutanto yang selanjutnya akan mendedikasikan darma baktinya di tempat yang baru, yakni sebagai Pamen Ahli Golongan IV, Pusintelad bidang Kontra Intelijen.

Dan memang tak bisa dipungkiri, bahwa kehadiran Kolonel Inf Bambang Herqutanto selama ini telah banyak memberi warna bagi Satuan Kodim 0201/BS. Tentu, sosoknya yang kebapakan akan selalu dikenang dan bahkan dirindukan oleh segenap prajurit TNI AD, khususnya Kodim 0201/BS.

Karenanya, hal seperti ini jugalah yang diharapkan hadir pada diri Letnan Kolonel Inf Yuda Rismansyah, sehingga program untuk memajukan Satuan Kodim 0201/BS secara khusus, dan Kodam I/Bukit Barisan secara umum, bisa tercapai dengan gemilang.
Kepada abituren Akademi Militer tahun 1997 yang juga suami dari Lissa Wulandari ini, tergantung harapan besar untuk bisa meneruskan program kerja pendahulunya yang telah ditorehkan dengan tinta emas.
Di pundak ayah dari Aishwarya Zahara R, Aurel Haqiya Putri, dan Zavanna Adhia FR ini jua, seluruh personel Kodim 0201/BS akan bersandar untuk mendapatkan bimbingan dan arahan, sehingga kelak menjadi prajurit profesional, modern dan semakin dicintai oleh rakyat. (S-dim 0201/Rina)
Leave A Reply