Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Sei Kepayang), Babinsa Koramil 10/Sei Kepayang, Kodim 0208/Asahan, Sertu JH Lubis melaksanakan pendampingan pencabutan bibit padi di lahan seluas 3.800 meter persegi milik ibu Asmah di Desa Pertahanan, Kecamatan Sei Kepayang, Kabupaten Asahan, Sabtu (2/6/2018).

"Sambil mencabut bibit padi, kita berdialog dengan petani terutama mengenai teknik menanam padi yang baik agar menghasil bulir padi yang padat," kata Sertu JH Lubis disela-sela pendampingannya kepada petani.

Di tengah kesibukan mencabut bibit padi, Sertu JH Lubis menerangkan bahwa sebelum malakukan persemaian, terlebih dulu dilakukan seleksi benih dengan cara merendam gabah pada larutan garam 3% (30 gram garam/1 Liter air). Hal ini bertujuan untuk mendapatkan benih yang berbobot dan terisi penuh.

Tak hanya itu, Sertu JH Lubis juga menerangkan, penanaman bibit padi lebih baik dilakukan pada usia muda, yakni antara umur 15-20 hari. 

"Penanaman bibit padi di usia ini bertujuan untuk menghindari stress yang berkepanjangan pada tanaman. Bibit padi usai muda lebih berkurang tingkat stressnya karena lebih mudah beradaptasi pada lingkungan," jelasnya.

Pada saat persemaian, lanjutnya, perlu dilakukan pengamatan untuk menghindari serangan hama pada awal tanam yang dapat merusak pertumbuhan padi. (Penrem 022/Red)
Leave A Reply