Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Talawi), Babinsa Koramil 04/Talawi, Kodim 0208/Asahan, Serda M Khaidir ikut mengecek irigasi sawah seluas 9 rante milik Pandiangan di Dusun Gunung Santi, Desa Padang Genting, Kecamatan Talawi, Kabupaten Batubara, Jumat (29/6/2018).

"Pengecekan irigasi ini tidak hanya untuk memastikan sistem pengairan di sawah berjalan normal, tetapi juga untuk mengejar percepatan target tanam," kata Serda M Khaidir disela-sela kegiatannya.

Dijelaskan Serda M Khaidir lagi, fungsi pengecekan saluran ini adalah untuk mengontrol air yang masuk dari sungai agar tidak terlalu besar ataupun terlalu kecil. Sebab air yang mengalir terlalu besar akan menyebabkan saluran air cepat rusak, karena kelebihan debit air. Sedangkan jika terlalu kecil maka air tidak akan bisa mengairi sawah-sawah secara merata.

"Dengan turun mengecek sistem irigasi sawah ini, Babinsa juga bisa mengontrol perkembangan tanaman padi petani, sehingga jika terjadi masalah bisa cepat dicarikan solusinya, di samping berguna juga untuk memberikan imbauan kepada petani agar lebih giat dalam mengolah lahan pertaniannya," papar Serda M Khaidir.

Di kesempatan itu, Serda M Khaidir tak lupa mengajak petani untuk selalu mengontrol saluran irigasi. Semisal melakukan pengerukan dasar saluran irigasi secara bergotong royong.

"Dengan jaringan saluran irigasi yang baik diharapkan akan meningkatkan hasil pertanian dan akan membuat petani lebih sejahtera, termasuk mempercepat perwujudan program swasembada pangan," katanya. (Penrem 022/Red)
Leave A Reply