Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Tanjung Balai), Kepala Staf Kodim (Kasdim) 0208/Asahan, Mayor Inf M Nasir Simanjuntak, SAg menghadiri upacara peringatan Hari Lahir Pancasila Ke-73 Tahun 2018 di Lapangan Sultan Abdul Jalil Rahmadsyah, Jalan Pahlawan, Kelurahan Pantai Burung, Kecamatan Tanjung Balai Selatan, Kota Tanjung Balai, Jumat (1/6/2018).

Bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) adalah Walikota Tanjung Balai, Balai Drs. H Ismail Marpaung, Penanggung Jawab Upacara Drs Indra Halomoan Nasution, MSi (Kadis Penduduk dan Catatan Sipil Kota Tanjung Balai), Pembina Upacara Abu Said Lubis, SAg (Camat Datuk Bandar).

Dalam upacara bertemakan "Kita Pancasila: Bersatu, Berbagi dan Berprestasi" itu, Irup membacakan pidato sambutan Presiden Joko Widodo yang salah satu poin pentingnya menegaskan bahwa selama 73 tahun, Pancasila sudah bertahan dan tumbuh di tengah deru ombak ideologi-ideologi lain yang berusaha menggesernya.

" Selama 73 tahun, Pancasila sudah menjadi rumah kita yang ber-Bhinneka Tunggal Ika. Insya Allah sampai akhir zaman, Pancasila akan terus mengalir di denyut nadi seluruh rakyat Indonesia," ucap Presiden.

Sungguh Pancasila adalah berkah yang indah yang diberikan Tuhan Yang Maha Esa kepada kita, melalui perenungan, pergulatan pemikiran dan kejernihan batin para founding fathers Indonesia.

Pancasila pertama kali diuraikan secara jelas oleh Bung Karno pada tanggal 1 Juni 1945, kemudian dituangkan dalam Piagam Jakarta pada tanggal 22 Juni 1945 dan dirumuskan secara final pada tanggal 18 Agustus 1945.

Sebagai bangsa yang majemuk yang terdiri atas 714 suku dengan lebih dari 1.100 bahasa lokal yang hidup di lebih dari 17.000 pulau, semangat persatuan merupakan pilar utama dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

" Kita harus terus menerus bersatu memperkokoh semangat Bhineka Tunggal Ika. Kita harus bersatu dalam upaya kita untuk menjadi bangsa yang kuat, bangsa yang besar dan bangsa pemimpin," tegas Joko Widodo.

Diakhir amanatnya, Presiden mengajak para ulama dan tokoh agama, para guru dan ustad, para politisi dan jajaran aparat pemerintahan, para anggota TNI dan Polri, para pekerja dan pelaku ekonomi, serta seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama mengamalkan Pancasila dalam keseharian.

" Semangat bersatu, berbagi dan berprestasi akan meneguhkan derap langkah kita dalam membawa Indonesia menuju Negara maju dan jaya," ucap Kepala Negara.

Upacara tersebut turut dihadiri Ketua DPRD Kota Tanjung Balai Bambang Hariyanto Lobo, SE, Ketua Pengadilan Agama Drs Abdul Rauf, Wakapolres Tanjung Balai, Ketua Saber Pungli Kompol Taryono Raharja, SH, SIK, Kasi Intel Kajari TBA Hardiyansyah, SH, MH, Wakil Ketua PN Tanjung Balai DR Salomo Ginting, SH, MH, Sekdako Tanjung Balai Drs. H Abdi Nusa, Brimob Subden 3/B Tanjung Balai AKP Syaiful, Lanal TBA Letda Laut (P) Muadin, dan LVRI Kota Tanjung Balai Abdul Hakim Marpaung. (Penrem 022/Rel)
Leave A Reply