Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Sunggal), Babinsa Koramil 01/Sunggal, Kodim 0204/Deliserdang, Sertu Suryadi membantu penyemprotan rumput liar pada pematang sawah di lahan seluas 1 hektar milik Warno, petani di Dusun II, Desa Telaga Sari, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Rabu (6/6/2018).

" Gulma atau rumput liar adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil maksimal dalam budidaya padi sawah. Penyemprotan tanaman padi dan membersihkan persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen," jelas Sertu Suryadi.

Diakui Sertu Suryadi pula, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan dengan tanaman induk, terutama dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya. Di samping itu ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau dibiarkan gulma tumbuh tanpa dikendalikan, maka akan menimbulkan kerugian, termasuk kerugian akibat ledakan hama dan penyakit.

" Pengendalian gulma padi sawah umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani, baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) maupun dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida", imbuh Sertu Suryadi seraya menambahkan dengan adanya pendampingan ini, diharapkan tanaman padi akan tumbuh subur dengan hasil panen maksimal. (Penrem 022/Red)
Leave A Reply