Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Sibolangit), Babinsa Koramil 03/Sibolangit, Kodim 0204/Deliserdang, Serda Dedi S mengajak petani jagung di Desa Bengkurung, Kecamatan Sibolangit, Kabupaten Deliserdang lebih bergiat merawat tanaman guna mendapatkan hasil panen yang maksimal.

Ajakan Serda Dedi S ini disampaikan saat membantu mencabut rumput liar atau gulma yang tumbuh di lahan tanaman jagung milik Makmur Sembiring, Rabu (27/6/2018).

"Dalam setiap pendampingan kepada petani, selain membantu pekerjaan di lahan pertanian, juga kerap dilakukan motivasi, sehingga petani lebih bersemangat mengolah lahannya saat tanpa didampingi Babinsa," kata Serda Dedi S.

Serda Dedi S menjelaskan, pertumbuhan gulma yang tidak terkontrol jelas sangat mengganggu. Tidak saja kepada tanaman induk, tetapi juga produksi budidaya tanaman jagung. Sebab, gulma akan bersaing dengan tanaman induk dalam memperoleh kebutuhan unsur hara, air, cahaya dan ruang tumbuh, sehingga produksi tanaman menjadi tidak optimal.

Sementara itu, Danramil 03/Sibolangit, Kapten Inf Saut Hutabalian mengungkapkan, tanaman jagung perlu dirawat agar bisa tumbuh optimal. Salah satu caranya dengan mengendalikan gulma dan tanaman pengganggu lainnya yang dilakukan mulai dari penyiapan lahan sampai dengan pembedengan tanah hingga membersihkan tunas dan rumput pada tanaman jagung.

"Langkah untuk perawatan budidaya tanaman jagung akan menjadi ringan bila dilakukan secara bersama-sama antara Babinsa dan masyarakat setempat. Di samping itu, kehadiran Babinsa di tengah warga binaannya juga bermafaat untuk monitoring segela hal perkembangan di wilayah, selain untuk kepentingan menyukseskan program swasembada pangan nasional," papar Danramil.

"Dalam kegiatan itu yang dimaksud untuk mengetahui perkembangan dan kesuburan tanaman serta mewaspadai terhadap penyebaran hama pada tanaman jagung," tambah Danramil. (Penrem 022/Rina)
Leave A Reply