Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Kutalimbaru), Babinsa Koramil 02/Kutalimbaru, Kodim 0204/Deliserdang, Serda Suhendrawan ikut membantu pemupukan tanaman jagung seluas 18 rante milik Abadi Sinulingga di Desa Suka Makmur, Kecamatan Kutalimbaru, Kabupaten Deliserdang, Jumat (29/6/2018).

"Untuk mewujudkan swasembada pangan khususnya jagung, maka butuh peran serta seluruh komponen, salah satunya Babinsa. Dan karena itu pula, saya selalu turun membantu petani, apakah mengolah lahan, melakukan pemupukan, dan lainnya," terang Serda Suhendrawan.

Senada dengan itu, Danramil 02/Kutalimbaru, Kapten Arm Hasian Tamba menjelaskan, melihat panen tanaman jagung yang rata-rata antara umur 100-110 hari, maka proses budidayanya, dan pemupukannya perlu dilakukan dengan benar.

Menurut Danramil, jagung sebaiknya dipupuk pada masa sebelum tanam, yakni antara umur 15 hari sampai 30 hari. Pupuk dasar berfungsi untuk menyiapkan nutrisi bagi tanaman pada fase awal pertumbuhan. Saat berkecambah, jagung menggunakan nutrisi dari biji jagung. Setelah beberapa hari nutrisi dari biji akan habis dan akar mulai berfungsi mencari makanan.

Disinilah terjadi proses adaptasi terhadap lingkungan yang biasanya diiringi dengan stres tanaman. Semakin lama stres pertumbuhan akan semakin terhambat. Untuk memperpendek fase stres ini, kebutuhan hara harus tercukupi. Kecupukan nutrisi ini akan meningkatkan daya tahan tanaman saat fase rawan tersebut. Selain itu pupuk dasar juga memacu pertumbuhan lebih cepat dan sehat. (Penrem 022/Rel)
Leave A Reply