Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Papua), Disela-sela tugas dan tanggung jawabnya sehari-hari sebagai penjaga perbatasan negara antara RI dan PNG, Satgas Yonif 121/MK juga berinteraksi dengan masyarakat Indonesia yang berada di sepanjang garis batas negara. Karena bukan sekedar menjaga perbatasan negara dari pelintas batas illegal saja namun juga sekaligus memperhatikan kehidupan masyarakat Indonesia disekitar daerah penugasan sebagai masyarakat binaan Satgas Yonif 121/MK.

Salah satu perhatian Satgas Yonif 121/MK kepada masyarakat diperbatasan negara adalah dengan menyelenggarakan pengobatan gratis terhadap masyarakat yang tidak mampu dan perlu perhatian khusus terhadap kesehatan dan gizi yang selama ini masih dianggap kurang.

Dengan menggandeng Puskesmas Arso Timur dari Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua beserta kepala Puskesmas Arso Timur Suwanto, S.Kep., N.S., Satgas Yonif 121/MK menyelengarakan pengobatan gratis kepada masyarakat yang bertempat di Kampung Wembi Distrik Mannem Kabupaten Keerom Papua pada Jumat (11/5/18).

Dimana di Kampung Wembi tersebut terdapat salah satu Pos Pamtas Satgas Yonif 121/MK dibawah pimpinan Komandan Kompi C (Danki C) Kapten Inf Hisar Sihombing. Pengobatan gratis yang diselenggarakan dengan menurunkan Dokter Satgas Yonif 121/MK Letda Ckm dr. Pigur Agus serta ditambah dengan Tim Kesehatan Satgas dibawah pimpinan Komandan Peleton Kesehatan (Dantonkes) Satgas Lettu Ckm J. Nainggolan yang beranggotakan 13 orang prajurit yang berkualifikasi kesehatan dengan materi pengobatan umum.
 Pengobatan gratis tersebut dimulai pada pukul 08.00 Wit hingga waktu yang tidak dibatasi dengan target 100 pasien serta melayani masyarakat dari segala kelompok umur mulai dari balita hingga Lansia.

Masyarakat Kampung Wembi yang merasa kedatangan Tim Kesehatan gratis segera memamfaatkan kesempatan yang ada dengan datang untuk menerima pelayanan kesehatan dari Satgas Yonif 121/MK yang bekerja sama dengan Puskesmas Arso Timur. Kebanyakan pasien yang ditangani kali ini adalah dari kelompok umur dewasa namun ada juga beberapa dari kelompok umur anak-anak, dimana dari diagnosa dokter yang melayani masyarakat di lapangan menyimpulkan bahwa anak-anak yang menjadi pasien kebanyakan berawal dari asupan gizi yang kurang atau gizi buruk.

Dengan demikian selain memberikan pengobatan Tim Kesehatan juga memberikan nasehat-nasehat yang penting untuk masyarakat yang memiliki anak yang masih dalam masa pertumbuhan dan perkembangan mengenai asupan makanan yang bergizi untuk mencegah agar tidak mudah jatuh sakit serta dengan gizi yang cukup akan menunjang perkembangan otak.

Sejumlah warga mengatakan cukup puas dan senang atas adanya kegiatan ini di kampung mereka dan warga berharap kegiatan ini dapat dilakukan secara rutin karena warga merasa layanan kesehatan sekarang ini dirasa cukup kurang serta jauhnya Puskesmas yang ada. Seperti yang dituturkan oleh salah seorang pasien yaitu Ibu Helena yang berdomisili di Kampung Wembi.

" Kami sangat senang dan berterimakasih dengan adanya kegiatan yang dilakukan di kampung kami ini dan kami berharap kegiatan seperti ini dapat dilakukan lagi lebih sering karena untuk ke Puskesmas jaraknya agak jauh dari rumah kami", ungkap Helena.

Sebelumnya, Satgas Yonif 121/MK telah melaksanakan kegiatan pengobatan gratis dibeberapa tempat yang ada di daerah penugasan Papua, seperti di Kampung Wambes dan Kampung Sawabun.

Menurut Komandan Satgas (Dansatgas) Yonif 121/MK Letkol Imir Faishal Satgas akan terus memantau dan melihat apa yang menjadi keluhan masyarakat yang ada serta berusaha terus untuk mengatasi kesulitan masyarakat yang ada di daerah penugasan.  (Pendam I/BB/Rina)
Leave A Reply