Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Air Putih), Babinsa Koramil 02/Air Putih, Kodim 0208/Asahan, Peltu E Butar-Butar membantu menumpas hama padi yang menyerang di lahan seluas 12 rante milik petani bernama Blower di Desa Tanjung Kubah, Kecamatan Air Putihh, Kabupaten Batubara, Sabtu (19/5/2018).

" Selain penyemprotan hama untuk menyelamatkan tanaman padi dan sebagai antisipasi meluasnya serangan hama, saya juga mengajarkan kepada petani teknik dasar penyemprotan yang benar dan tepat sasaran," jelas Peltu E Butar-Butar di sela-sela pendampingannya.

Diuraikan Peltu E Butar-Butar, menyemprot adalah kegiatan dalam budidaya tanaman yang bertujuan untuk mengendalikan hama dan penyakit yang mengganggu tanaman. 

Sekilas memang sepele dan siapapun bisa melakukannya. Prosesnya tidaklah rumit, hanya diawali dengan mencampur pestisida dan air dengan dosis tertentu, dimasukkan ke dalam tanki sprayer kemudian disemprotkan ke tanaman padi.

Tetapi kenyataannya tidaklah semudah itu. Jika tidak tepat dalam melakukan penyemprotan, bisa berakibat fatal. Ada beberapa teknik dasar yang harus diketahui dalam melakukan penyemprotan tanaman padi yang tepat dan benar.

Yaitu waktu penyemprotan, bagian tanaman yang harus disemprot, perhatikan cuaca, interval penyemprotan, kapan tanaman padi harus disemprot? Kapan tanaman padi tidak boleh disemprot? Pestisida yang digunakan, dosis penyemprotan, rotasi bahan aktif pestisida.

Tak ketinggalan, Peltu E Butar-Butar juga menyampaikan bahwa proses penyemprotan tidak cukup dilakukan hanya sekali, akan tetapi harus selalu dilakukan pemantauan, sehingga bila ditemukan lagi hama wajib dilakukan penyemprotan lagi.

Sementara itu, Danramil 02/AP, Kapten Inf Inf JR Sinaga menyampaikan, pihaknya telah memerintahkan Babinsa untuk wajib aktif turun ke sawah guna melaksanakan pendampingan kepada petani.

" Hal ini dilakukan untuk mewujudkan swasembada pangan dan pencapaian target serapan gabah produksi tahun 2018 di kecamatan Air Putih khususnya," katanya. (Penrem 022/Rina)
Leave A Reply