Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Papua), Tim Kesehatan Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 121/Macan Kumbang menggelar penyuluhan tentang bahaya narkoba dan HIV/AIDS kepada pelajar SMPN 5 Arso, Kampung Wonorejo, Distrik Mannem, Kabupaten Keerom, Papua, Selasa (29/5/2018).

" Pemahanan tentang bahaya narkoba dan HIV/AIDS perlu diberikan sejak dini, sehingga sebagai generasi penerus bangsa mereka bisa mengantisipasi dan tidak terjerumus ke dalam penyalahgunaan narkoba dan HIV/AIDS," kata Letda Ckm dr Agus Pigur, Tim Kesehatan Satgas Yonif 121/MK.

Bersama dua anggota kesehatan, yakni Serka Herliansyah dan Kopda Suhariono, Letda Ckm dr Agus Pigur memaparkan tentang bahaya narkoba yang dikonsumsi tanpa ada izin dan pengawasan dari dokter yang dapat mempengaruhi susunan syaraf pusat pemakainya.

Selain itu efek yang ditimbulkan berpengaruh terhadap fisik dan psikologi. Untuk efek fisik dapat berupa : 1. Gangguan pada sistem syaraf
2. Gangguan pada jantung dan pembuluh darah
3. Gangguan pada kulit
4. Gangguan pada paru-paru
5. Sering sakit kepala
6. Mual-mual dan muntah
7. Murus-murus
8. Suhu tubuh meningkat
9. Pengecilan hati, dan insomnia
10. Gangguan kesehatan reproduksi serta gangguan fungsi seksual
11. Gangguan kesehatan reproduksi pada remaja perempuan antara lain perubahan periode menstruasi, ketidakteraturan menstruasi, dan amenorhoe /tidak haid.

Sedangkan efek psikologi yang timbul dari penyalahgunaan narkoba, antara lain :
1. Kerja lamban dan ceroboh
2. Sering tegang dan gelisah
3. Hilang rasa percaya diri
4. Apatis (masa bodoh)
5. Pengkhayal
6. Penuh curiga
7. Agitatif
8. Menjadi ganas dan tingkah laku yang brutal
9. Sulit berkonsentrasi
10.Perasaan kesal dan tertekan
11.Cenderung menyakiti diri
12.Perasaan tidak aman, bahkan bunuh diri.

Dalam sosialisasi itu, Letda Ckm dr Agus Pigur juga memaparkan akibat yang timbul dari penyakit-penyakit itu. Antara lain infeksi TBC (Tuberkolosis), tipes, infeksi herpes, radang kulit, meningitis (radang selaput otak), kanker, penyakit neurologis dan gagal ginjal.

Di kesempatan itu juga, para pelajar SMPN 5 Arso diberikan pemahaman tentang bagaimana menghindari keterlibatan terhadap narkoba dan HIV/AIDS, hidup sehat serta menghindari pergaualan yang mengarah kepada seks bebas.

Hadir di acara penuh hikmah itu, antara lain para guru dan Wakasek SMPN 5 Arso, Heni M Simarmata, SPak yang mengucapkan terima kasih kepada Timkes Satgas Yonif 121/MK yang telah memberikan penyuluhan tentang bahaya narkoba dan HIV/AIDS kepada para pelajar.

Harapan kami, dengan digelarnya sosialisasi ini, maka para pelajar dapat memahami serta menghindari agar tidak terjerumus pada narkoba maupun terhindar dari penyakit HIV/AIDS," ungkapnya. (Rel)
Leave A Reply