Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Stabat), Babinsa Koramil 07/Stabat, Kodim 0203/Langkat, Serda Wawan ikut membantu mengusir hama burung di lahan padi jenis Ciherang seluas 15 rante milik petani bernama Hartono di Kelurahan Stabat Baru, Kecamatan Stabat, Kabupaten Langkat, Rabu (30/5/2018).

" Pendampingan mengusir hama burung ini bertujuan untuk memastikan petani tidak gagal panen akibat serangan hama burung. Karena, padi milik petani saat ini sedang memasuki masa panen," ucap Serda Wawan disela-sela kegiatannya.

Dijelaskan Serda Wawan, salah satu hama yang kerap meresahkan petani adalah hama burung. Akibatnya tak sedikit petani yang dibuat jengkel dengan terus meningkatnya populasi burung sebagai hama bagi padi. Karena pada saat menjelang panen, padi sudah pasti akan diserang hama burung.
Burung menyerang tanaman padi pada fase matang susu sampai pemasakan biji (sebelum panen). Serangan mengakibatkan biji hampa, adanya gejala seperti butir padi mengering dan biji banyak yang hilang. Ini jelas akan mengakibatkan kerugian yang sangat besar bagi para petani.

Sementara itu, Danramil 07/Stabat Kapten Inf Yusrafrizal menambahkan, pengusiran hama burung yang dilakukan Babinsa di lahan petani, biasanya menerapkan teknologi. Seperti membuat orang-orangan, umbul-umbul, plastik kresek atau membuat bunyi-bunyian dari kaleng.

" Selain dengan metode membuat orang-orangan dan lainnya, teknik pengusiran hama burung juga bisa dilakukan dengan cara berteriak. 
Namun metode dengan orang-orangan dan lainnya, akan jauh lebih efektif ketimbang dengan berteriak," terang Danramil. (Penrem 022/Red)
Leave A Reply