Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Deliserdang), Babinsa Koramil 01/Sunggal, Kodim 0204/Deliserdang, Pelda Yudi dan Serda Indra Susanto ikut membantu membersihkan rumput di sela-sela tanaman jagung seluas 6000 meter persegi milik Syarial Nasution di Dusun VIII, Desa Pujimulyo, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Selasa (8/5/2018).

Tanaman jagung yang berumur kurang lebih satu bulan, biasanya banyak ditumbuhi gulma berupa rumput liar dan tanaman jenis rumput lainnya. Hal ini akan sangat mengganggu perkembangan dan pertumbuhan tanaman padi.

" Karena itu, salah satu upaya antisipasi yang dilakukan Babinsa bersama petani adalah dengan membersihkan rumput dengan cara mencabut hingga akar-akarnya," terang Danramil 01/Sunggal, Kapten Czi Januliston Damanik.

Dijelaskan Danramil lagi, ada beberapa hal yang dilakukan para petani dalam membersihkan gulma. Di antaranya dengan cara manual/tenaga manusia, yaitu mencabut menggunakan tangan dan alat-alat sederhana.

Selain itu gulma juga bisa dikendalikan secara kimiawi dengan menggunakan herbisida, baik yang bersifat kontak maupun sistemik. Namun dalam penggunaan herbisida harus memenuhi lima kriteria tepat yaitu tepat jenis, tepat sasaran, tepat dosis, tepat waktu dan tepat cara.

" Keuntungan pembersihan gulma dengan dicabut menggunakan tangan adalah gulma tersebut bisa dijadikan pupuk alami yaitu setelah dicabut kemudian gulma tersebut ditanam atau dibenamkan di sela-sela tanaman, dan kalau sudah membusuk akan menjadi pupuk alami," tambah Pelda Yudi. (Penrem 022/Rel)
Leave A Reply