Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM (Deliserdang), Babinsa Koramil 01/Sunggal, Kodim 0204/Deliserdang, Serda Sutrisno ikut membantu memerangi hama keong mas di lahan petani dari Poktan Mekar Sari di Desa Suka Maju, Kecamatan Sunggal, Kabupaten Deliserdang, Senin (14/5/2018).

Hama Keong Mas merupakan hama yang saat ini sering membuat para petani resah. Oleh karena itu untuk mengatasinya diperlukan ketekunan dan kegiatan rutin yang perlu dilakukan.

Para petani memerlukan cara yang tepat untuk mengatasi dan memberantas hama yang satu ini. 

Dijelaskan Serda Sutrisno di hadapan petani, bahwa hama keong mas dapat diatasi dengan beberapa cara yang mudah tanpa biaya.
"Namun juga ada beberapa penanganan yang memerlukan biaya dalam menangani hama yang satu ini. Tergantung dengan situasi populasi keong mas yang menyerang tanaman seberapa banyaknya," kata Serda Sutrisno.

Menurutnya, terdapat beberapa tahap/cara untuk mengatasi hama keong mas ini secara sederhana dan mudah. Yaitu mengambil keong mas yang menempel pada tanaman pada saat dia masih bergerak aktif. Biasanya dilakukan pada pagi hari dan sore hari. 

Hal ini perlu dilakukan secara rutin.
Kemudian menggunakan tumbuh-tumbuhan yang mengandung zat berupa racun bagi hama keong mas. 

Beberapa tanaman yang mengandung racun di antaranya cabai merah, daun enceng gondok, daun jeruk, daun tembakau, makabuhay dan lain-lain.

Cara lainnya dengan mempertahankan air agar tidak tinggi melebihi 3 Cm karena keong mas menyukai tanaman yang lembab atau dengan cara mengeringkan tanah. Menggunakan teknik menanam mundur agar dapat mengawasi tanaman yang telah ditanam petani.

Cara lain untuk mengatasi hama tanaman yang satu ini adalah dengan membiarkan predator memangsanya atau memelihara predatornya agar populasi hama keong mas ini berkurang atau hilang dari lingkungan sawah.

Dengan cara tersebut dapat mengimbangi jumlah populasi keong mas yang begitu banyak, jika para petani lelah mengatasi hama ini.
Predator yang tepat untuk memberantas hama keong mas adalah burung, itik, kura-kura, ikan dan insekta.
" Pengendalian ini merupakan salah satu yang paling efektif untuk diterapkan petani serta tidak menimbulkan kerusakan pada tanaman yang ada," ujar Serda Sutrisno. (Penrem 022/Rina)
Leave A Reply