Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Setia Janji), Babinsa Koramil 13/Bandar Pulo, Kodim 0208/Asahan, Serda Mikdar melaksanakan pendampingan mencabut rumput di sawah seluas 7 rante milik Sumiyati di Desa Sei Silau Barat, Kecamatan Setia Janji, Kabupaten Asahan, Selasa (22/5/2018).

" Pembersihan gulma penting dilakukan. Karena gulma adalah salah satu kendala utama dalam memperoleh hasil yang tinggi dalam budidaya padi sawah," kata Serda Mikdar di sela-sela kegiatannya.

Dijelaskannya, persaingan gulma dengan padi dalam stadia pertumbuhan hingga masa pematangan sangat besar sekali pengaruhnya terhadap penurunan hasil panen. Karena itu, Babinsa berkewajiban memberikan pendampingan kepada petani.

Hal senada ditambahkan Danramil 13/BP, Kapten Inf B Simatupang. Dikatakan Danramil, gulma dapat menurunkan hasil panen karena adanya persaingan dengan padi, terutama dalam pengambilan unsur hara, air dan cahaya.

Di samping itu, lanjut Danramil, ada beberapa gulma yang dapat dijadikan tanaman inang oleh hama dan penyakit tanaman padi, sehingga kalau dibiarkan, pertumbuhan gulma akan tidak terkendali dan jelas akan merugikan petani, termasuk kerugian akibat peledakan hama dan penyakit.

" Pengendalian gulma padi sawah umumnya sudah dilakukan oleh para Babinsa dan petani baik dengan penggunaan tenaga manusia (penyiangan tangan) dengan peralatan khusus (landak/gasrok) ataupun cara kimiawi dengan penggunaan herbisida," urai Danramil seraya menambahkan, dengan adanya kegiatan ini, maka tanaman padi akan tumbuh subur dan diharapkan hasil panen maksimal. (Penrem 022/Rn)
Leave A Reply