Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - (Raya), Pendampingan Babinsa kepada petani memang tanpa pamrih, dan semata-mata hanya menginginkan meningkatnya kesejahteraan petani, di samping tercapainya swasembada pangan.

Karena itulah, tak jarang terlihat seorang Babinsa dengan seragam lorengnya berada di tengah sawah dan bergelut lumpur demi membantu meringankan pekerjaan petani.

Seperti Kopda J Purba, misalnya. Babinsa Koramil 14/Raya, Kodim 0207/Simalungun ini terlihat tak gengsi sedikit pun mencabuti rumput di lahan jagung seluas 19 rante milik P Saragih, seorang petani di Nagori Kariahan, Kecamatan Raya, Kabupaten Simalungun, Selasa (10/04/2018) kemarin.

Kopda J Saragih menjelaskan, pembersihan lahan dari gulma dan tanaman liar, seperti alang alang, rumput teki, semak dan pohon perdu, harus disingai hingga ke akarnya. Sedangkan gulma dibersihkan dengan cara dibakart, dan abunya bisa dimanfaatkan sebagai kompos untuk kesuburan tanah.

" Selain gulma, pohon-pohon besar yang tumbuh di sekitar lahan, juga berpotensi menghalangi masuknya sinar matahari untuk jagung melakukan proses fotosintesis. Karenanya dahan pohon besar itu perlu dibersihkan," jelasnya.

Sementara, Danramil 14/Raya, Kapten Inf Khairul Azwan menambahkan, pendampingan Babinsa kepada petani jagung, tak lain untuk mendukung tercapainya ketahanan pangan (Hanpang) Upsus Pajale (Upaya Khusus Padi, Jagung, dan Kedelai).

" Salah satu upaya untuk tercapainya Hanpang itu adalah dengan membantu petani membersihkan gulma di lahannya," ucap Danramil seraya menambahkan, pembersihan gulma tidak boleh dengan cara ditanam, karena dikawatirkan akan munculnya hama seperti rayap dan semut. (Penrem 022/Rn)

Leave A Reply