Theme Layout

Theme Translation

Trending Posts Display

Home Layout Display

Posts Title Display

Terkini


404

We Are Sorry, Page Not Found

Home Page

INTAIKASUS.COM - Dinas kebersihan bekerjasama dengan Dinas Bina Marga Kota Medan serta jajaran Kecamatan Medan Johor membersihkan Tempat Pembuangan Sementara (TPS) liar di Jalan Stasiun, Kelurahan Kedai Durian, Kecamatan Medan Johor, Jumat (27/8/2016). Selain menebarkan aroma kurang sedap, keberadaan TPS liar ini juga membuat kawasan sekitar sangat semrawut, jorok dan dipenuhi sampah yang berserakan.

Selain karena keluhan warga yang bermukim disekitar TPS, pembersihan ini dilakukan untuk mendukung program Jumat Bersih yang telah dicanangkan Wali Kota Medan, Drs H T Dzulmi Eldin S MSi. Untuk membersihkan TPS liar yang sudah belasan tahun beroperasi itu, Dinas Kebersihan menggunakan 1 unit alat berat milik Dinas Bina Marga dan 15 Unit Truk.

Kadis Kebersihan, Endar Sutan Lubis memimpin langsung pembersihan didampingi Camat Medan Johor, Khoiruddin Rangkuti. Sedikit demi sedikit tumpukan sampah berhasil dibersihkan dan diangkut dengan menggunakan Truk. Fokus pembersihan sampah yang berada di pinggiran Jalan Stasiun.

Menurut Endar, usai pembersihan dilakukan, bagian depan lahan kosong yang dijadikan TPS itu kemudian dipagar. Hal itu dilakukan untuk mencegah warga leluasa membuang sampah seperti yang dilakukan selama ini. Kemudian Endar minta Camat Medan Johor menurunkan anggotanya untuk menjaganya.

"Kalau tempat (TPS liar) ini tidak dijaga, pembersihan yang kita lakukan pasti sia-sia. Warga pasti membuang sampah kembali kemari. Untuk itu kita minta kepada camat untuk menurunkan anggotanya menjaga tempat ini," kata Endar.

Pria berkacamata ini selanjutnya mengungkapkan, pembersihan TPS liar merupakan prioritas utama yang dilakukan Dinas Kebersihan setiap Jumat. Untuk itu dia minta kepada seluruh camat yang ada TPS liar di wilayahnya segera melaporkan guna dilakukan pembersihan. "Kami minta laporan diterima sebelum hari Jumat," ujarnya.

Sementara itu Camat Medan Johor, Khoiruddin Rangkuti mengatakan, pihaknya telah berupaya semaksimal untuk menghentikan warga membuang sampah di lokasi tersebut. Malah sejak 2 bulan belakangan ini, Khoir mengaku telah menurunkan anggotanya untuk melakukan penjagaan mulai pagi sampai petang hari.

"Upaya yang kita lakukan berhasil, volume sampah mulai berkurang sejak kita lakukan penjagaan. Meski demikian kita tidak mampu total menghentikan warga membuang sampah, sebab mereka kini buang sampah malam hari. Sebab, tidak mungkin kita lakukan penjagaan dari pagi sampai malam hari," ungkap Khoiruddin.

Menurut Khoiruddin, warga yang membuang sampah di TPS liar ini tidak hanya warga Kecamatan Medan Johor saja, warga dari Kecamatan Medan Amplas, Kecamatan Deli Tua (Deli Serdang) dan Patumbang (Deliserdang) juga membuang di tempat tersebut. Pasalnya, lokasi TPS liar berada di tengah-tengah keempat kecamatan itu. (Znl)
Leave A Reply